Senin, 03 Desember 2012

Hidup Sehat dengan Sunnah-Sunnah Fitrah Nabi

Di era modern ini, dunia mengalami kemajuan sains dan teknologi yang sangat pesat. Terbukti dengan adanya berbagai penemuan-penemuan ilmiahnya baik itu berupa teknologi, ilmu pengetahuan maupun dunia kesehatan. Rasulullah juga banyak mengutip dalam hadits-hadits nya yang berkaitan dengan sains dan berhasil ditemukan dengan dipresentasikan secara ilmiah di masa sekarang, hadits tentang sunnah sunnah fitrah, bahwa sesuatu yang fitrah dan di sunnah kan oleh rasulullah ternyata banyak manfaat dan kesehatannya dan ini sudah dibuktikan secara ilmiah di masa sekarang. Berikut teks hadits nya :

حدثناعلي حدثنا سفيان قال الزهري حدثنا عن سعيدبن المسيب عن ابي هريرة رواية الفطرة خمس او خمس من الفطرة الختان, والاستحداد, ونطف الابط, وتقليم الاظفار, وقص الشارب

Artinya :

“Telah menceritakan kepada kami Ali telah menceritakan kepada kami sufyan, Az-Zuhri mengatakan : telah menceritakan kepada kami dari Sa’id bin Musayyab dari Abu Hurairah secara periwayatan, Sunnah-Sunnah fitrah itu ada lima atau lima dari sunnah-sunnah fitrah yaitu berkhitan, mencukur bulu kemaluan, mencukur bulu ketiak, memotong kuku dan mencukur kumis.”

1.      1. Khitan

Rasulullah SAW, dalam hadist ini telah mewasiati bahkan mewajibakan kepada kita untuk berkhitan agar terbebas dari berbagai penyakit yang membahayakan, faedah khitan telah terbukti secara klinis dan medis bahwa berkhitan bisa mencegah dari berbagai macam penyakit kelamin seperti syphilis, kencing nanah ( gonorea ), hingga kanker pucuk penis.

Penyakit-penyakit tersebut pada umumnya timbul karena menggumpalnya kotoran-kotoran, bakteri, amoeba, dan jamur diantara pucuk kemaluan dan kulit yang menutupinya yang biasa disebut dengan kulup. Kulup inilah yang oleh Rasulullah diperintahkan untuk dihilagkan dengan cara di khitan ketika masih kecil karena kulup yang menutupi kepala penis merupakan tempat berkumpulnya kotoran dan najis yang timbul dari keringat, maupun cairan produksi kelenjar-kelenjar lemak dan sisa-sisa air seni yang sulit dihilangkan.

Akibatnya virus penyebab sakit ini berpindah dari kulup, pucuk kemaluan, saluran kencing (urethra), kemudian menuju kandung kemih, dan berpindah ke buah pinggang, atau melalui jalan lain yaitu dari prostat menuju kedua buah pelir dan urung-urung (epididymis), kemudian merusak keduanya hingga bisa mengakibatkan kemandulan, bahkan dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang hebat. Dan ketika orang yang terserang penyakit ini menikah, ia dapat menularkan penyakitnya kepada istrinya dengan sangat mudahsehingga dapat menyebabkan peradangan di Rahim, leher Rahim, dan kelenjar bartolin menyebabkan penyakit yang disebut radang bartolinitis. Ia kadang bisa sampai ke Rahim dan menyebabkan kanker. Ia juga bisa menyebabkan kemandulan penuh pada wanita, disamping sakit akibat radang yang kronis dan hebat beserta penanahannyadi bagian-bagian tubuh yang paling sensitive.

Oleh karena itu, khitan bagi suami memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi berbagai macam penyakit, sekaligus melindungi istri dari berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ reproduksi.

2.      2. Istihdad (الاستحداد  )

Istihdad adalah mencukur bulu kemaluan. Nabi telah memerintahkan kita untuk mencukur bulu kemaluan. sebab daerah sekitar kemaluan merupakan salah satu anggota tubuh yang beresiko terkena berbagai macam kotoran, karena sangat dekat dengan saluran buang air besar maupun kecil. Lebih dari itu, bahwa daerah ini banyak menghasilkan keringat dan mengeluarkan banyak minyak yang menyebabkan penyakit karena sarang bakteri, virus dan jamur yang menyebabkan radang dan bau tak sedap.

3.      3. Mencabut Bulu Ketiak (نطف الابط)

Seperti halnya istihdad, daerah ketiak pun perlu untuk dibersihkan yaitu dengan cara mencabut bulu ketiak, karena bulu ketiak ini dapat menghasilkan minyak dan mengeluarkan banyak minyak seperti hal nya daerah kemaluan juga dapat menimbulkan bau tak sedap dan tempat berkembangnya penyakit.

4.      4. Memotong Kuku (تقليم الاظفار)

Kuku panjang sangat sulit dibersihkan sehingga menjadi sumber perpindahan penyakit, penyakit yang dibawa kuku panjang biasanya menular kepada pemiliknya melalui jalan mulut, dan menular kepada orang lain melalui jalan bersentuhan, berjabat tangan, atau memberikan makanan dan minuman. Kuku juga bisa menjadi sumber penyakit ketika menyentuh sesuatu yang beracun, najis dan atau ketika dia terluka, terkelupas dan lain sebagainya.

5.      5. Mencukur Kumis (قص الشارب)

Melihat posisi kumis yang terletak di bawah hidung dan diatas mulut, jika kumis itu tebal maka tidak menutup kemungkinan bisa terkena kotoran-kotoran mulut dan hidung seperti liur, dahak, maupun sisa-sisa makanan. Kotoran-kotoran tersebut sulit dihilangkan  sehingga dapat menjadi tempat berkembangnya kuman-kuman, jamur, bakteri. Juga bisa menjadi sumber bau tak sedap yang bisa mengganggu pemilik kumis itu sendiri. Maka rasulullah memerintahkan untuk mencukur kumis  dan menipiskan kumis sebagai bentuk kebersihan.

Dari kelima perilaku ( kebiasaan ) yang dijelaskan diatas sudah jelas bahwa Rasulullah telah meletakkan dasar-dasar kebersihan, beliau tidak membiarkan satu tempat dibadan yang dapat memancing penyakit dan tempat tumbuhnya bau yang tidak sedap. Beliau telah memerintahkan semuanya untuk dibersihkan dan disucikan, khususnya tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman, bakteri, virus dan jamur.

Sesuatu yang fitrah dilakukan oleh manusia dan sangat di sunnah kan oleh Rasulullah ternyata mengandung beberapa banyak manfaat dan pengetahuan medis dan preventif modern yang telah mengisyaratkan  kelima prinsip perawatan kesehatan dan pencegahan ribuan tahun yang lalu.

 Sumber :

    Lidwa Pustaka Online

    An-Najjar, Zaghlul. Pembuktian Sains dalam Sunnah Jilid 2 ( Amzah, 2006 ).

    Zaghlul An-Najjar, SAINS DALAM HADITS (Mengungkap Fakta Ilmiah dari Kemukjizatan Hadits Nabi), (Jakarta: AMZAH, 2011) hlm.179-180

    Ibid

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes